Tuesday 5 July 2016

Final Fantasy Brave Exvius : Petualangan Bersama Final Fantasy Heroes


Final Fantasy Brave Exvius, dirilis untuk iOS dan Android
Hi guys.
Kali ini kita akan bahas game terbaru Square Enix yang rilis untuk smartphone, yaitu Final Fantasy Brave Exvius. Buat kalian yang ngaku penggemar RPG pasti gak asing deh dengan serial Final Fantasy. Serial RPG ini udah berlangsung sejak lama, dan terbilang paling sukses di antara serial RPG lain dari game developer lain. Langsung aja kita mulai bahas yuk game terbaru ini :
Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui soal game ini.
1.    

         Storyline
Salah satu elemen terpenting dalam RPG adalah jalan ceritanya. Seperti yang udah kita tau. Kesuksesan seri pertama Final Fantasy tidak terlepas dari kisah sang protagonis yang epik, tapi juga klasik, tentang kebaikan melawan kejahatan yang berusaha menguasai dunia. Dalam Final Fantasy Brave Exvius juga gak jauh berbeda kok. Kisah dimulai dengan FMV yang menampilkan Lasswell dan Rain yang merupakan dua knight Grandshelt yang sedang dalam perjalanan tugas. Namun, saat sedang dalam perjalanan, tiba-tiba airship mereka diserang oleh musuh. Di sinilah battle scene pertama yang juga merupakan tutorial dimulai. Setelah menang, mereka bertemu seorang gadis di dalam crystal yang meminta pertolongan mereka. Pertolongan macam apa yang diminta? Bisakah Lasswell dan Rain menolong gadis itu?

 
Rain & Lasswell. Yang satu gokil, yang satu cool abis
      Grafis
Salah satu keunggulan Final Fantasy adalah grafisnya. Inget ya, dulu Final Fantasy VII mengalami perubahan grafis secara drastis yang rasanya mustahil dicapai oleh game lain pada masanya. Peningkatan yang signifikan juga terjadi pada seri setelahnya. Dalam Final Fantasy Brave Exvius, grafis karakter sekilas terlihat seperti Ragnarok Online. Tapi soal FMV, Square Enix bisa dibilang gak punya tandingan, grafis 3D di FMV nya terlihat halus banget. Pada map-map di dalam game juga terlihat keren dan catchy.

      Musik
Faktor pendukung storyline yang memainkan emosi pemain agar terhanyut dalam alur game adalah musik. Terus terang, sebagai penggemar Nobuo Uematsu dan Yasunori Mitsuda yang juga menggarap musik di sejumlah game garapan Square, Matrixide merasa musik garapan Agematsu Noriyasu dalam game ini keren banget! Kerasa banget emosi di setiap musik dan adegannya. Victory Fanfare yang biasa kita denger juga kedengeran cukup asyik di game ini.





      Gameplay
Kita masuk ke pembahasan elemen utama gamenya.  Game ini menuntut kita untuk berpikir taktis sebelum memasuki runtutan dungeon dalam sebuah scenario. Terdapat sistem serangan combo yang beragam. Berpikir taktis sangat berguna banget di game ini. Misalnya, daripada beli senjata, lebih baik beli recipe untuk crafting senjata sendiri setelah mengumpulkan sejumlah material. Player juga bis melakukan summon hero/karakter pendukung untuk battle, atau justru mengorbankan karakter tersebut untuk melakukan enhance pada karakter yang sudah ada. Gokilnya, hero yang disummon kebanyakan merupakan karakter-karakter dari seri Final Fantasy lain. Tersedianya Vortex dungeons juga sangat membantu dalam mencari material crafting dan synthesizing, levelling, dan bahkan mengumpulkan uang untuk membeli item dan senjata. Currency utama di dalam game ini adalah Gil, sementara currency keduanya adalah Lapis. Lapis bisa digunakan untuk membeli energy jika energy player habis untuk menjalani story quest/scenario atau melakukan kegiatan di Vortex. Gil seperti game Final Fantasy lainnya, digunakan untuk transaksi umum di dalam game seperti membeli item, armor, senjata, ability, dsb.

Peta di Mitra Town


Overall judgement.
Penilaian Matrixide secara kesuluruhan untuk game ini adalah sebagai berikut. Game ini adalah game yang diberikan secara cuma-cuma oleh Square Enix, ya, bener-bener gratis! Selain itu, size nya juga terbilang masuk akal. Sayangnya, grafisnya sebenarnya masih bisa ditingkatkan mengingat ada banyak banget grafis game di smartphone yang keren. Tapi untuk FMV nya sih gak diragukan lagi deh. Munculnya experience dungeon di dalam Vortex membuat player bisa level up dengan cepat sebelum masuk dungeon di story. Sehingga ketika level player udah cukup tinggi ketika masuk story dungeon, permainan jadi terasa kurang menantang. Tapi secara keseluruhan, game ini keren banget. Skor dari Matrixide untuk game ini adalah 4.5 bintang.

Cek trailer game nya di sini

0 comments:

Post a Comment