Friday 19 May 2017

Koe no Katachi: A Silent Voice

Apa kabar Matrixidans? Sehat semua. Harus sehat dong, hehehhe.

Kemarin admin iseng-iseng ngecek daftar list anime yang bakalan keluar tahun ini, ternyata ada salah satu yang menjadi tranding topic pembahasan, ada yang tau itu apa? Ya, Koe No Katachi, salah satu anime yang ditunggu-tunggu pecinta anime Indonesia dan di anggap sebagai pesaing dari anime Kimi No Nawa. Seperti apa sih filmnya, yuk simak ulasannya.

Koe no katachi (2016 di jepang dan 2017 di Indonesia) Anime ini mengisahkan tentang persabatan yang hancur karena kejadian di masa lalu. Cerita di mulai dari kehidupan anak laki-laki yang masih duduk di bangku SD bernama Shoya Ishida yang akrab di panggil ishida, ishida memiliki kehidupan yang normal, dengan sahabat yang selalu menemaninya Shimada, Hirose, Ueno, dan Kawai, mereka selalu bersama-sama dengan tingkah layaknya anak SD.


 Shoko Nishimiya

Pada suatu hari, kehadiran seorang siswa baru, Shoko Nishimiya yang akrab di panggil Nishimiya mulai merubah kebiasan mereka. Nishimiya terlihat biasa saja saat memasuki ruang kelas, sampai suatu ketika guru menyuruhnya untuk memperkanalkan diri yang membuat semua siswa di dalam kelas termasuk ishida terkejut karena ternyata Nishimiya memiliki kekurangan yaitu gangguan pendengaran. Awalnya semua berjalan normal sampai Nishimiya dianggap aneh oleh semua siswa karena kebiasaannya meminta maaf dalam segala hal sehingga menyebabkan Ishida dan kawan-kawannya merasa kesal dan selalu mengerjainya.


Hari demi hari terlewati dengan rutinitas Ishida dan kawan-kawannya dalam menjahili Nishimiya. Walaupun demikian masih ada satu teman sekelasnya yang masih peduli dengannya, Sahara Miyoko walau pada akhirnya dia pindah sekolah karena takut dikucilkan teman-teman lainnya. Sampai suatu ketika, ishida merasakan apa yang dirasakan oleh Nishimiya, diacuhkan oleh teman-temannya. Itu terjadi saat setelah kepala sekolah menngumumkan bahwa pihak keluarga dari Nishimiya membuat laporan bahwa anaknya mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan di sekolah dan meminta si pelaku untuk mengakui kesalahannya dan Ishida disalahkan sebagai pelaku tunggal.

Shoya Ishida

Hal ini menyebabkan Ishida terpojok karena tak satupun temannya yang membela dia dan malahan berbalik menyalahkannya, sehingga membuat dia tertekan dan merasa bersalah terhadap apa yang terjadi kepada Nishimiya. Kejadian itu terekam jelas dan selalu menghantuinya sampai dia masuk SMA. Saking tertekannya, dia tidak berani untuk mendengar dan menatap wajah orang lain dan pernah mencoba untuk bunuh diri. Sehigga di sekolah dia lebih memilih untuk menyendiri daripada berinteraksi dengan orang. Sampai pada akhirnya dia bertemu lagi dengan Nishimiya. Ishida berusaha mengejarnya dan mencari cara untuk dapat memperbaiki apa yang sudah dia lakukan di masa lalu. Hingga tanpa sengaja dia bertemu dengan teman baru, karena dia memang tidak punya teman di sekolahnya, di parkiran sepeda bernama Nagatsuka yang langsung menganggapnya sebagai sahabat karena Ishida telah menolongnya terbabas dari pemalakan walau Ishida harus merelakan sepedanya menjadi gantinya. Tidak hanya Nagatsuka dia juga bertemu dengan Yuzuru saat ingin bertemu Nishimiya di panti jompo yang menghalangi Ishida untuk bertemu dengan Nishimiya. Selain itu juga ada teman baru, Mashibasa yang diperkenalkan oleh Kawai. Tapi, siapakah Yuzuru dan mampukah Ishida untuk keluar dari belenggu masa lalu dan menyatukan persahabatan yang dulu rusak? Bagaimana, kalian penasaran dengan kisah lengkapnya. Tonton sediri ya…


Koe no Katachi

Penilaian:

Anime ini sangat recommended untuk di tonton, apalagi anime ini bisa dibilang anime baru yang baru rilis tahun ini di Indonesia, dan tidak salah juga jika anime ini mendapat rating 9.02 di My Anime List dan 8.2/10 di IMDb disebut menjadi pesaing dari anime Kimi no Na wa. Dengan jalan cerita yang bagus, Alur cerita dari anime ini memiliki kesan yang akan membuat penontonnya berdebar karena dibalut dengan pembawaan emosi yang bikin greget. Dari total penilaian, Matrixide meberi 4 dari 5 bintang.

Skor:

0 comments:

Post a Comment