Wednesday 31 January 2018

Hotel Dash vs Resort Tycoon : Video Game Tentang Hotelier


Hotel Dash Poster

Hallo Matrixidians! Wah, udah lama banget ya sejak postingan terakhir, mohon maklum ya karena semua admin ada kesibukan yang tidak bisa ditinggal. Nah, salah satu admin yang mengelola blog ini bekerja di sebuah sekolah perhotelan. Ngomong-ngomong soal hotel, udah pada tau belum sih gimana sistem kerja di hotel? Baik, kita share sedikit deh. Jadi umumnya di hotel memiliki beberapa departemen utama, yaitu Front Office, Food and Beverage Service, Food and Beverage Product dan House Keeping. Semua departemen memiliki tanggung jawab masing-masing. Lalu, bagaimana sistem kerjanya? Mari kita pelajari melalui dua game Android/iOS yang seru ini.



Hotel Dash
Story sebelum masuk ke game
Bagi kalian yang sudah sering memainkan game keluaran Play First dan Game House, pasti sudah tidak asing lagi dengan game ini. Dulu game yang paling terkenal dari Play First adalah Dinner Dash yang dirilis untuk platform PC.
Salah satu game terbaru mereka adalah Hotel Dash yang kini dirilis untuk platform Android/iOS. Masih menceritakan tentang Flo, seorang gadis yang pada kisah ini tampaknya cerita dimulai saat Flo sudah menjadi manager restoran di game Dinner Dash.

Gameplay
Game akan dimulai dengan sebuah gedung standar yang memiliki sedikit kamar. Kalian akan berperan sebagai Flo yang merangkap semua pekerjaan dalam departemen hotel. Walaupun sayangnya, departemen Food and Beverage Product tidak berperan dalam game ini.
Untuk memainkan game ini cukup mudah, kalian hanya perlu mengendalikan Flo dengan mengklik sana-sini pada layar smartphone kalian. Hanya saja, kalian harus gesit karena semakin tinggi levelnya, akan semakin cepat pula kedatangan tamu hotel yang datang.
Lebih jauh lagi, semakin tinggi levelmu, semakin banyak pula tamu yang memiliki karakteristik masing-masing. Ada yang banyak maunya, ada yang cepat marah dan tidak sabaran, dan masih banyak lagi.
Mulai dari menentukan di kamar mana tamu akan tidur, mengantar koper dan room service, sampai membersihkan kamar, akan kalian lakukan sendiri sebagai Flo

Jangan khawatir tidak dapat menguasai sistem permainan di game ini karena tersedia tutorial pada level 1.
Tersedia banyak fitur upgrade yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan pelayanan di hotel kalian. Mulai dari dekorasi, peningkatan peralatan, dan masih banyak lagi. Yang jelas, kalian harus jeli dan cermat dalam mengambil keputusan tentang pelayanan apa yang akan kalian tingkatkan.

Tingkatkan kualitas hotelmu
dengan membeli beberapa barang
untuk hotel
Kalian harus sangat berhati-hati dalam memilih kebijakan apa yang akan kalian ambil untuk meningkatkan pelayanan hotel. Jika kalian berhasil menguasai game ini, pada level-level tertentu akan ada tambahan kamar. Ini tentu saja akan dibarengi dengan bertambahnya jumlah tamu yang akan datang. Kecepatan tamu yang datang dan kesabaran tamu juga akan menjadi tantangan yang lebih besar lagi.


Resort Tycoon

Resort Tycoon Poster
Sebenarnya game ini tidak berbeda jauh dengan Hotel Dash, hanya saja ada beberapa aspek yang membedakan antara Resort Tycoon dengan Hotel Dash.
Dalam game Resort Tycoon, kalian akan memulai sebagai seorang karyawan di sebuah hotel. Kalian bebas memilih untuk menjadi hotelier lelaki atau perempuan.
Tidak ada perbedaan selain tampilan karakter kalian, selebihnya tergantung keahlian kalian dalam menggerakkan jari-jari kalian untuk memainkan game ini.

Gameplay
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teknis memainkan game ini sebenarnya sama saja sdengan Hotel Dash, hanya saja ada beberapa perbedaan. Misalnya, ada penambahan service mengambilkan koran dan makanan, tamu yang datang juga tidak hanya diam di kamar saja.

Handling Check in, inilah tugas departemen Front Office
Pada game ini juga mengenal dua mata uang, yaitu uang biasa dan diamond. Beberapa barang atau upgrade hanya bisa dibeli dengan uang diamond. Misalnya kolam renang, yang membutuhkan biaya sekitar 150 diamond. Ada dua cara untuk mendapatkan diamond ini.
Cara pertama ialah dengan menjadi premium player, yaitu dengan membeli diamond dengan uang asli melalui pembelian digital.
Cara kedua ialah dengan banyak melayani tamu VIP yang datang ke hotel kalian. Tetapi perlu diingat bahwa tamu VIP tidak selalu datang ke hotel kalian dan tidak banyak tamu VIP yang akan datang. Tamu VIP tidak membayar biaya hotel dengan uang biasa, melainkan dengan diamond. Manfaatkanlah fitur ini agar peningkatan kualitas hotelmu berjalan dengan lancar.

Peningkatan kualitas hotel bisa dilakukan dengan banyak cara

Selain hal-hal di atas, upgrade items atau barang-barang peningkat kualitas yang tersedia di dalam game ini sepertinya jauh lebih beragam dibandingkan Hotel Dash. Mulai dari Sofa, Mesin Penjual Minuman, Kolam Renang, dan masih banyak lagi yang setiap barangnya memiliki harga berbeda-beda dengan mata uang yang berbeda-beda pula.

Hotel Dash vs Resort Tycoon
Kedua game ini seru banget! Banyak tantangan yang harus diselesaikan dan menantang kita untuk berpikir cepat dalam menyusun taktik, serta harus jeli dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan fasilitas hotel. Keduanya sama-sama seru dan keren! Jika harus membandingkan, pastinya sulit banget untuk menentukan yang mana antara kedua game ini yang lebih seru. Tapi jika harus memilih mana yang akan jadi pilihan admin, admin akan memilih Resort Tycoon sebagai pemenangnya.
Alasannya adalah karena Resort Tycoon memiliki lebih banyak fitur yang bervarias. Penambahan kamar tidak ditentukan berdasarkan level tapi atas keinginan player sendiri. Hal ini akan membuat player berpikir keras sebelum memutuskan akan membuka kamar baru, membuka fasilitas baru, atau menunggu sambil menabung.
Hasil di atas adalah murni pendapat admin ya, bukan hasil mutlak. Jadi, kalau teman-teman lebih menyukai Hotel Dash, itu sah-sah saja, karena Hotel Dash juga keren banget.

Sebelum memutuskan akan main game yang mana, silahkan check trailernya:
Trailer Hotel Dash
Trailer Resort Tycoon

0 comments:

Post a Comment