Monday 5 February 2018

Mengenal Seluk-Beluk Game MOBA Lebih Dekat


Hallo Matrixidians!
Kalian pasti nggak asing lagi dengan istiilah MOBA 'kan? Yup! Game-game bergenre MOBA saat ini sedang laris-larisnya. Saat ini, game MOBA paling booming adalah Mobile Legends dan Area of Valor atau AoV yang masing-masing memiliki kelebihannya masing-masing.

Tapi kali ini admin tidak akan membahas Mobile Legends ataupun Area of Valor, melainkan sesuatu yang lebih mendasar dibandingkan gamenya sendiri, yaitu genre game nya. Yuk mari kita simak.
Game MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), atau biasa juga dikenal dengan Action Real-Time Strategy (ARTS) adalah sub-genre dari video game bergenre strategy. Menurut Wikipedia, game ini adalah fusi atau campuran dari game bergenre Action, RPG dan RTS. Waduh, apalagi tuh? Yuk kita kupas satu persatu.

GTA : San Andreas, game action yang paling sukses pada era
kejayaan PlayStation 2
Action Video Games
Adalah sebuah genre video game yang melibatkan kemampuan motorik halus seperti kemampuan respon, menekan tombol, membidik sasaran, dsb. Game seperti ini memiliki beberapa tantangan selain mengalahkan musuh. Tantangan yang paling banyak diterapkan dalam action games biasanya berupa puzzle atau teka-teki, mengumpulkan obyek atau benda tertentu dan banyak lagi. Contoh paling mudah untuk menggambarkan game ini adalah GTA atau Grand Theft Auto. Ciri lain yang dapat dengan mudah digunakan untuk mendeskripsikan game ini adalah battle map yang digunakan saat melawan musuh adalah map yang sama dengan world map. 

Final Fantasy XV, serial Final Fantasy terbaru saat ini
Role-Playing Game
Atau biasa dikenal dengan RPG adalah sebuah genre video game yang umumnya melibatkan player dalam mengendalikan peran/karakter dalam party/kelompok. Game jenis ini umumnya lebih banyak melibatkan alur cerita di dalam game sebagai acuan utama untuk peningkatan level karakter. Berlawanan dengan action game, RPG pada umumnya menggunakan battle map yang berbeda dengan world map. Sehingga saat musuh melakukan encounter/menyerang karakter, biasanya karakter akan pindah ke map lain. Elemen terkuat dalam genre jenis ini adalah alur ceritanya yang sangat kuat. Contoh termudah untuk mendefinisikan genre ini adalah serial Final Fantasy.

Real-Time Strategy
Jenis game ini menuntut pemainnya untuk mengatur strategi penyerangan dengan modal yang sudah dimiliki. Modal dan sumber daya yang ada kemudian diolah sedemekian rupa untuk membentuk kekuatan tempur yang kuat yang nantinya akan digunakan untuk menyerang lawan. Kemampuan strategi dan kemampuan pengamatan kekuatan lawan sangat diperlukan untuk memenangkan jenis genre ini. Kesalahan strategi pengembangan kekuatan akan berdampak fatal bagi player. Player bisa saja kehilangan aset pasukannya atau bahkan kalah di dalam game. Contoh yang mudah untuk menggambarkan game dengan genre ini adalah Warcraft dan Age of Empires.

Empire Earth, salah satu contoh game dengan genre Real-Time Strategy

Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)
Adalah gabungan dari ketiga genre di atas. Sebelum munculnya Mobile Legends dan AoV, Defense of the Ancients adalah game MOBA yang sudah lebih dulu muncul dan booming serta memiliki turnamen resmi dan bertaraf internasional. Jadi, sebenarnya sedikit aneh jika Matrixidians menganggap bahwa DotA mirip dengan Mobile Legends atau AoV, sebab sebenarnya kemiripan yang dirasa adalah karena genrenya sama, hanya saja DotA lebih dulu lahir dan terkenal sebagai yang cukup banyak melahirkan esport team.

Defense of the Ancients, game MOBA yang lebih dulu muncul
sebelum kemunculan Mobile Legends dan Arena of Valor
Genre MOBA sendiri awalnya muncul berkat hadirnya Aeon of Strife (AoS), sebuah map modifikasi untuk game StarCraft. Baru setelah itu, muncullah DotA sebagai salah satu judul yang mempelopori genre dalam skala yang cukup luas.

Sekian tentang game MOBA, silahkan tambahkan komentar tentang MOBA di kolom komentar ya guys.
Untuk lihat trailer Mobile Legends, klik di sini
Untuk lihat trailer Arena of Valor, klik di sini

0 comments:

Post a Comment