Sunday 11 February 2018

Hanasaku Iroha : Suka Duka Kerja di Hotel

Poster Hanasaku Iroha : Blossoms for Tomorrow
Halloooo Matrixidians! Gimana kabar kalian? Semoga tetap terjaga semangat dan keceriaannya ya. Kali ini admin mau menceritakan sebuah judul anime yang cukup menarik. Tapi sebelumnya admin mau coba tanya. Ada nggak sih di antara Matrixidians sekalian yang pernah nginep di hotel? Tau nggak sih? Ternyata kerja di hotel itu berat lho! Yup, mulai dari pelayanan dan produk yang ditawarkan oleh hotel, sampai ke strategi bisnis dan menghadapi pesaing, semua sangat luar biasa. Terutama tamu, yang bagi karyawan hotel adalah prioritas utama. Nah, anime yang akan kita bahas adalah Hanasaku Iroha (Blossoms for Tomorrow), yang menceritakan betapa seru dan menantangnya bekerja di penginapan/hotel. Baik, mari kita simak ulasannyaaaa!

Hanasaku Iroha
Anime ini diproduksi oleh P.A. Works dan disutradarai oleh Masahiro Ando. Sedangkan untuk skenarionya ditulis oleh Mari Okada. Anime ini terdiri dari 26 episode hingga tamat dan merupakan anime bergenre drama, romance dan slice of life. Anime ini ditayangkan mulai dari April hingga September 2011. Namun, pada tahun 2013, anime ini diadaptasi ke dalam bentuk film animasi layar lebar dengan judul Hanasaku Iroha : Home Sweet Home pada 30 Maret 2013.
Para pegawai Kissui, kiri-kanan: Denroku, Tohru, Ren-san, Minko, Ohana,
Nako, Tomoe, Jiroumaru, Takako, dan Enishi.

Cerita
Anime ini menceritakan Ohana Matsumae sebagai pemeran utama. Gadis SMA dari sebuah sekolah di Tokyo ini terpaksa harus pergi meninggalkan Tokyo dan cowok yang baru saja menembaknya untuk menemui neneknya. Hal itu terjadi krena keegoisan ibunya yang nyentrik. Berangkat dengan kekecewaan terhadap ibunya dan bayangan kebahagiaan mengenai sosok seorang nenek yang lembut dan baik hati (walau belum pernah ditemuinya), Ohana akhirnya menemukan banyak pengalaman baru.
Begitu sampai di Kissui (nama penginapan milik neneknya Ohana), ia langsung disambut dengan cara yang paling tidak menyenangkan oleh Minko Tsurugi, salah satu pegawai dari Kissui. Beruntung, Minko segera dihentikan oleh Nako Oshimizu, seorang pelayan yang sangat pemalu yang juga bekerja di Kissui.
Kouichi Tanemura, cowok yang naksir Ohana. Baru nembak,
malah ditinggal Ohana "pulang kampung"
Bayangan Ohana mengenai penginapan yang menyenangkan semakin hancur saat mengetahui sang nenek, Shijima Sui, ternyata nenek yang galak dan sangat tegas, serta berdisiplin dan berintegritas tinggi pada kepuasan tamu. Ohana bahkan tidak menyangka bahwa selama ia berada di Kissui, dia juga harus bekerja keras seperti karyawan lain. Selama di Kissui, Ohana bertemu banyak orang-orang yang menarik. Mulai dari Ren-san (Renji Togashi) sang kepala koki, hingga penulis novel yang sering bertingkah laku aneh, Taro Jiroumaru-san. Kerja kerasnya sebagai seorang hotelier akan membawa Ohana menuju ke banyak sekali cerita-cerita dan pengalaman luar biasa.

Grafik
Grafik anime ini sangat cantik dan memiliki warna-warna yang indah. Penggambaran tempat dan ekspresi karakter juga cukup baik. Selain itu, desain karakter yang dikerjakan oleh Mei Kishida dalam anime ini juga bagus banget.
Shijima Sui, sang nenek dan pemilik penginapan. Integritasnya
untuk memuaskan tamu di hotelnya sangat tinggi!

Musik
Musik dalam anime ini sederhana, tapi bagus. Nuansa musiknya cukup bisa membangun suasana semangat dan menggambarkan spirit gadis muda dan kisah romance nya. Tapi, pada poin ini mungkin adalah satu-satunya poin di mana admin nggak ngasih skor penilaian terlalu tinggi.

Konten
Konten atau isi dari anime ini bagus banget. Lengkap antara drama, kehidupan, asmara, kehidupan sekolah, dunia kerja yang realistis, komedi dan masih banyak lainnya. Pengembangan karakter dilakukan dengan sangat baik, secara perlahan sampai tamat. Konflik di dalam cerita juga sangat menarik. Mulai dari kisah kedatangan Ohana, hingga ending yang di luar dugaan. Karakter di dalam anime ini mengalami banyak perubahan yang terasa manusiawi dan realistis seiring berjalannya cerita. Memang admin mengharapkan akan ada sedikit konflik antara Ohana dan Yuina Wakura yang menjadi calon penerus penginapan Fukuya, saingan penginapan Kissui. Tetapi ternyata, anime ini sudah cukup manis dengan menampilkan Ohana dan Yuina sebagai calon rival yang justru digambarkan sebagai sahabat yang saling mendukung.

Yuina Wakura, cucu dari pemilik penginapan saingan Kissui, justru bersahabat baik
dengan Ohana

Penilaian total
Anime ini luar biasa! Terutama pada bagian cerita dan konfliknya. Perkembangan karakter yang terasa selama jalannya cerita juga digarap dengan sangat baik. Konflik keluarga Ohana, konflik antar karakter, semua dikembangkan dan diselesaikan dengan solusi yang memuaskan. Banyak juga yang dapat dipelajari di anime ini.
Matsumae Satsuki, ibu Ohana. Nyentrik dan agak sembrono
tapi bisa diandalkan saat dibutuhkan
Misalnya, sistem makan/sarapan di Ryokan (hotel Jepang) ternyata diantarkan ke kamar seperti room service, tidak dilakukan di restoran dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari. Selain itu, anime ini benar-benar menggambarkan bagaimana rasanya kerja di dunia perhotelan. Jauh dari keluarga, LDR-an sama pacar, punya masalah sama temen sehotel, mikirin gimana caranya memberikan pelayanan agar tamu puas dan masih banyak lagi. Sayangnya, anime ini kurang cocok untuk penonton di usia kurang dari 17 tahun karena memang ada beberapa adegan fan service yang belum bisa dinikmati usia itu, terutama dengan munculnya Jiroumaru yang nyeleneh dan Matsumae Satsuki yang nyentrik. Secara total, admin akan beri anime ini bintang 5! Penasaran 'kan? Silahkan check trailer dan ratingnya di bawah. Jangan lupa tinggalkan komentar yaaaa!

Nonton trailernya di sini
Check rating MyAnime List di sini

0 comments:

Post a Comment