Wednesday 29 March 2017

Hataraku Maou-sama : Menyimak Kehidupan Sehari-hari Raja Iblis

Hi, Matrixidans!
Seperti biasa kami akan update lagi untuk review anime-anime lama. Nah, kali ini kita akan sedikit membayangkan bagaimana jika di dunia yang damai ini ternyata hidup raja iblis dan prajurit yang berusaha membunuhnya? Tapi bagaimana jika ternyata raja iblis itu hidup di dunia ini tanpa menyebabkan kejahatan? Wah, aneh dong! Tapi itulah yang terjadi di anime yang akan kita simak ulasannya kali ini.

Anime tersebut berjudul Hataraku Maou-sama! Anime yang sudah disiarkan sejak musim semi tahun 2013 lalu ini memiliki sebuah intro yang epic di mana intronya menceritakan tentang sebuah dunia bernama Ente Isla dan permasalahan di dalamnya. Mari kita simak ulasannya.

Awalnya admin kira anime ini adalah anime action karena pembukaannya epic banget. Intro yang menyerupai intro di game-game RPG membawa harapan besar bahwa anime ini akan sekeren Sword Art Online. Namun, saat cerita berjalan di episode pertama, muncullah kelucuan-kelucuan yang membuat anime ini lebih ke arah “unik dan lucu” ketimbang “keren dan seru”.

Cerita diawali dengan sejarah keempat pulau di Ente Isla yang dikuasai oleh keempat jendral di bawah pimpinan raja iblis bernama Maou-Satan. Pembunuhan sadis terjadi di mana-mana dan kegelapan menyelimuti Ente Isla. Harapan muncul saat seorang pahlawan manusia berhasil mendesak pasukan iblis dan mengusir mereka yang sudah terlanjur menduduki keempat pulau yang awalnya ditinggali manusia tersebut. Sang pahlawan berhasil merebut kembali keempat pulau, bahkan hampir berhasil membunuh raja iblis. Sayangnya, sang raja iblis keburu kabur ke dunia lain sebelum berhasil dibunuh.
Lucifer, Ashil dan Masou-Satan dalam bentuk asli mereka saat menjadi iblis

Setting cerita berganti ke jaman modern, yaitu jaman yang kita tinggali saat ini. Di Jepang, tampak Maou-Satan dan jendral kepercayaannya, Ashil tengah berjalan dengan tubuh penuh luka bekas pertarungan mereka dengan sang pahlawan. Mereka terkejut karena melihat wujud mereka berubah menjadi wujud manusia begitu memasuki Jepang. Tidak hanya itu, kekuatan sihir mereka tidak dapat digunakan di dunia ini.
Dua orang polisi yang menemukan mereka, akhirnya membawa Maou dan Ashil yang dikira cosplayer asing itu ke kantor polisi dan menghidangkan Khatsu-dum. Maou yang berhasil menghipnotis polisi yang menginterogasinya akhirnya menemukan banyak informasi mengenai Jepang dan dunia yang mereka tinggali saat ini.

Bermodalkan informasi itu, Maou dan Ashil yang hidup miskin dan sengsara terpaksa belajar untuk menjadi manusia biasa di dunia ini. Mereka memahami bahwa untuk bertahan hidup di dunia aneh ini, mereka memerlukan sebuah kertas yang disebut uang. Sedangkan untuk mendapatkan uang adalah dengan bekerja. Inilah yang kemudian membuat Maou akhirnya memilih untuk bekerja paruh waktu di sebuah restoran cepat saji, Mag Ronald. Maou dan Ashil yang sudah mulai pulih, tidak menyangka bahwa ternyata sang pahlawan berhasil mengejar mereka ke dunia ini dan hampir membunuh Maou dengan sebilah pisau murahan. Sementara di lain tempat, junior tempat Maou bekerja justru salah paham dengan hubungan Maou dan sang pahlawan.

KelebihanAnime ini memiliki grafis dan cerita yang lumayan bagus. Tak hanya itu, komedi di dalamnya juga fresh dan gak garing. Beberapa unsur action di dalam anime ini juga sangat seru. Anime ini sedikit banyak mengingatkan admin pada anime Ao No Exorcist.

KekuranganDengan kualitas anime ini, sangat disayangkan jika anime ini ternyata hanya berjumlah 13 episode. Karakter yang muncul pun tidak terlalu banyak. Dengan sedikitnya jumlah karakter itu pun, perkembangan karakter yang diceritakan tidak banyak. Misalnya Ashil dan Lucifer yang sering muncul, tidak banyak latar belakang kisah mereka yang diceritakan. Bahkan eskplorasi karakter cenderung didominasi oleh Emilia sang pahlawan. Padahal karakter utama pada anime ini adalah Maou-Satan.
Kiri-kanan: Suzuno Kamazuki, Emilia, Chiho Sasaki, Masou-Satan, Ashil, Lucifer

PenilaianAnime bergenre Slice of Life yang kerapkali memperlihatkan berbagai unsur komedi ini cukup seru. Beberapa plot twist yang muncul seperti saat kemunculan Lucifer juga menambah nilai keseruan anime ini. Tingkah Ashil yang selalu gagal membantu Maou, Chiho yang sering salah paham, Maou yang tidak peka dan Lucifer yang pemalas dan boros cukup sering mengundang tawa juga menambah asyiknya film ini saat ditonton. Secara keseluruhan, admin memberikan skor 3 dari 5 bintang.

Skor MyAnime List
Trailer

0 comments:

Post a Comment