Monday 27 March 2017

Ore Monogatari!! vs Kaichou wa Maid-sama : Dua Anime Romance Beda Sensasi!


Hello Matrixidians!

Udah lama banget ya Matrixide ga posting di blog? Well, mohon maklum karena emang semua admin lagi sibuk. Kali ini kita posting tentang dua anime sekaligus. Yaitu Kaichou Wa Maid-sama dan Ore Monogatari!!. Yup, dua anime bergenre romance ini belakangan jadi bahan pemikiran admin. Kedua anime ini sama-sama bergenre romance dan memiliki unsur komedi di dalamnya. Tapi kalau kita bandingkan antara keduanya, sebenarnya mana sih yang lebih seru? Yuk kita simak dulu review singkatnya!

Kaichou wa Maid-sama
Manager Maid Latte (kiri), Usui (tengah) dan Misaki (kanan)
Anime ini bercerita tentang seorang gadis bernama Ayuzawa Misaki yang bersekolah di SMA Seika. Sekolah yang dulunya memiliki mayoritas siswa laki-laki ini terkenal brutal dan jorok. Masuknya Misaki dan dilantiknya ia menjadi ketua dewan sekolah, membuat SMA itu menjadi berubah drastis. Kebersihan dan kedisiplinan adalah harga mati bagi Misaki. Tujuannya adalah untuk menggaet banyak siswa perempuan untuk masuk ke SMA Seika. Di tengah reputasi yang ia miliki sebagai siswi teladan itu, ternyata ia memiliki sebuah rahasia. Misaki yang berasal dari sebuah keluarga miskin yang ditinggal oleh kepala keluarganya, ternyata bekerja di sebuah tempat yang tidak ingin ia biarkan orang lain ketahui. Ya, Misaki ternyata bekerja sebagai seorang maid di sebuah maid cafe bernama Maid Latte! Fakta ini sungguh memalukan bagi Misaki dan ia tidak ingin siapapun mengetahuinya. 
San-baka (trio bodoh) yang selalu dihajar Misaki
Misaki bahkan bekerja di cafe ini walaupun jaraknya cukup jauh di kota sebelah tempatnya tinggal dan bersekolah. Sialnya, tiga orang berandalan yang selalu jadi bulan-bulanan Misaki justru mengetahui tentang hal itu. Hebohnya lagi, seorang cowok tampan idola sekolahnya juga mengetahui hal itu. Misaki pun panik karena sudah ada beberapa orang yang mengetahui fakta memalukan itu. Tapi tunggu! Ternyata tidak satupun orang lain yang mengetahui hal itu selain trio berandal yang ia juluki San-baka (trio bodoh) dan si cowok tampan bernama Usui Takumi itu. Misaki berpikir terlalu jauh hingga ia menganggap Usui Takumi hanya memanfaatkan fakta itu sebagai alat untuk mempermainkannya. Sedangkan trio bodoh justru menjadi fans fanatik Misaki dan datang ke Maid Latte setiap harinya, hanya untuk melihat Misaki! Apa yang sebenarnya terjadi?

Trailer

Ore Monogatari!!
Gouda Takeo & Rinko Yamato
Sebuah kisah cinta SMA yang tulus dan setia! Itulah kalimat yang paling tepat untuk menggambarkan keseluruhan cerita Ore Monogatari!! ini. Seorang pemuda bernama Takeo Gouda, memiliki tubuh yang sangat besar seperti raksasa dan berwajah seram. Namun di balik penampilan fisiknya yang mirip monster itu, ia justru seorang yang sangat baik, tulus, protektif, penyayang, dan seorang sahabat yang suportif. Takeo hendak menyatakan cintanya pada seorang gadis yang disukainya saat pulang sekolah. Namun apa yang terjadi!? Gadis itu justru menyatakan perasaannya pada sahabat karibnya sendiri, Makoto Sunakawa! Seorang cowok tampan yang banyak ditaksir cewek-cewek. Makoto pun menolak dengan santainya pernyataan cewek-cewek yang sebenarnya ditaksir oleh Takeo itu.
Takeo (kiri), Rinko (tengah) Makoto (kanan)
Suatu hari, Takeo yang selalu menjadi idola teman-teman prianya, pulang bersama Makoto dengan kereta bersama-sama karena rumah mereka berdekatan. Makoto yang mendapati seorang hidung belang sedang melecehkan seorang gadis, melaporkannya pada Takeo yang langsung mendamprat hidung belang itu dan menyeretnya ke kantor polisi. Di kantor polisi, pelaku pelecehan itu tidak mau mengaku dan justru merendahkan Rinko Yamato, gadis korban pelecehan di kereta tadi. Takeo yang tidak tahan dengan kata-kata kasar si hidung belang itu, langsung menghajarnya hingga tak sadarkan diri. Berkat itu, Takeo diskors selama beberapa hari oleh sekolahnya. Namun Rinko Yamato, sang gadis manis yang ditolongnya, kemudian datang dan membalas budinya. Tunggu! Apa ia datang untuk membalas budi pada Takeo? Atau untuk mendekati Makoto yang tampan itu?

Trailer

Perbandingan

Kaichou wa Maid-sama memiliki jumlah episode sedikit lebih banyak daripada Ore Monogatari!! dengan jumlah episode hingga 26 episode dan Ore Monogatari!! hanya memiliki 24 episode. Namun jumlah perbedaan yang sedikit ini mempengaruhi jalan cerita antara keduanya. Harus diakui bahwa Kaichou wa Maid-sama memiliki jumlah konflik cerita dan perkembangan karakter yang jauh lebih signifikan dibandingkan Ore Monogatari!! walaupun hanya dua episode lebih banyak. Hal ini tentu saja cukup mengecewakan bagi penonton Ore Monogatari!! yang menonton 24 episode namun hanya mendapat sedikit konflik dan perkembangan karakter yang dapat dinikmati. Selain itu, unsur romance yang terdapat di Ore Monogatari!! terasa terlalu lugu dan muluk-muluk. Hampir tanpa konflik. 

Admin yakin ada banyak yang menyukai perubahan sikap Misaki pada Usui yang terjadi perlahan-lahan seiring berjalannya cerita ketimbang perasaan cinta Yamato dan Takeo yang sudah besar sejak awal. Munculnya ujian cinta yang dirasakan Takeo di akhir-akhir cerita dan rasa cemburu Yamato pada teman satu sekolah Takeo seharusnya bisa dikembangkan menjadi lebih menarik lagi. Unsur komedi di kedua anime ini sangat menghibur, kebanyakan berasal dari Takeo dan Makoto. Makoto yang entah kenapa terasa mirip dengan Usui juga memiliki kemampuan dan peranan besar dalam berjalannya arah cerita. Untuk segi musik, Ore Monogatari!! yang memiliki banyak sentuhan musik romantis mampu mengalahkan Kaichou wa Maid-sama yang cenderung diiringi musik yang itu-itu saja.

Penilaian
Penilaian akhir dari admin adalah 4.5 bintang untuk Kaichou wa Maid-sama dan 4 bintang untuk Ore Monogatari!!. Kekurangan Kaichou wa Maid-sama dalam segi musik sangat bisa dimaafkan dengan jalan cerita yang lebih unik, terasa nyata, dan beragam. Unsur komedi yang ditampilkan juga lebih terasa feel-nya. Selain percintaan dan persahabatan, Kaichou wa Maid-sama juga memunculkan banyak tema kehidupan seperti tingkah adiknya Misaki yang berusaha memenangkan banyak undian untuk keluarganya yang miskin, ibunya Misaki yang berusaha bekerja untuk dua orang anak, Usui yang hidupnya kesepian, Shiroyan (ketua san-baka) yang memiliki masa lalu sebagai preman paling brutal, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hampir semua karakter di Kaichou wa Maid-sama dikupas kehidupannya dan konfliknya sehingga anime ini terasa tidak monoton.

0 comments:

Post a Comment