Thursday 2 August 2018

Tutorial di Dalam Game? Penting Nggak Sih?



Hello Matrixidians! Gimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu baik dan dalam suasana asyik ya. Sebentar lagi weekend nih. Ada rencana kumpul bareng temen-temen kah? Atau mabar sama para sahabat? Atau kamu terbiasa solo gaming di rumah? Yang manapun itu, kali ini kita akan bahas sesuatu yang berkaitan dengan gaming. Seperti yang kalian baca di atas, kita bakal bahas soal tutorial! Eiitss! Walaupun banyak yang menganggap tutorial itu ga penting, tapi coba dibaca dulu. Nanti baru kita simpulkan sendiri apakah tutorial itu penting apa enggak. Yuk kita mulai!

Menurut Wikipedia, inilah pengertian tutorial:
A tutorial is a method of transferring knowledge and may be used as a part of a learning process. More interactive and specific than a book or a lecture, a tutorial seeks to teach by example and supply the information to complete a certain task.

Singkatnya, sebuah tutorial adalah cara untuk mengirimkan ilmu dan dapat dijadikan proses belajar dengan lebih interaktif dan rinci yang biasanya dilakukan dengan contoh langsung untuk menyelesaikan sebuah tugas.

Kita balik ke pertanyaan di atas. Ngikutin tutorial itu penting nggak sih? Well, jaman sekarang banyak gamer yang skip tutorial dan dasar-dasar di dalam game. Entah karena udah ga sabar pengen maen gamenya, atau males aja ngikutin tutorialnya karena ngebosenin. Ditambah lagi game jaman sekarang banyak juga yang menyediakan fitur skip tutorial. Waduh, makin dianggep ga penting dong tuh! Oke, untuk menjawab pertanyaan besar kita tentang penting atau enggak pentingnya tutorial, yuk kita analisa apa akibatnya kalo kamu skip tutorial:
Ilustrasi gamer


1. Kamu jadi nggak tau basic di dalam game Mulai dari kelas karakter, senjata terbaik yang bisa diequip karaktermu, harus ke mana kalo butuh item, siapa yang harus kamu temuin untuk jalanin quest, bahkan gimana cara save game. Ini sih bahaya banget! Hasilnya, kamu jadi nggak maksimal dalam mengembangkan karaktermu.

2. Kamu bakalan jadi noob selamanya Yup, kamu bakal dianggep noob terus. Kok bisa? Ya iyalah, kalo kamu skip tutorial, ada banyak hal sepele yang kamu nggak tau. Akhirnya kamu mutusin untuk tanya di forum dan pertanyaanmu seputar basic yang udah dijelasin melalui tutorial! Waduuuuh! Bisa dianggep gamer cupu tuh!

3. Bisa jadi, kamu melewatkan gift keren! Beberapa game menyediakan reward atau imbalan buat player yang menyelesaikan tutorial sampe komplit. Seringkali di antaranya adalah gift box atau basic weapon, uang dan exp point. Ketimbang kamu beli basic weapon, uangmu bisa kamu pake buat beli item yang lain dan ngatur strategi gamingmu. Sayang banget tuh giftnya kalo kamu skip tutorial!
Bisa jadi kamu bakal melewatkan satu atau dua item keren
dari reward setelah menyelesaikan tutorial
4. Kamu jadi nggak ngeh sama cerita di dalam game Sebagian besar game punya storyline yang dimulai dari tutorial. Kalo kamu skip tutorialnya, kamu jadi nggak paham cerita di dalam gamenya. Hasilnya? Jelas kamu jadi bingung NPC mana yang jual item, NPC mana yang punya quest rahasia, karakter mana yang perlu kamu rekrut supaya cerita di dalam game ada kemajuan, gameplay apa yang direkomendasikan NPC, dan masih banyak lagi. Tentunya yang paling nggak asyik adalah kamu jadi nggak menikmati cerita di dalam gamenya. Khususnya game RPG, apa asyiknya maen game RPG tapi ga paham ceritanya? Well, that sucks!

5. Penguasaan level master butuh penguasaan level basic Ketika kita masih kecil, kita nggak bisa langsung lari ‘kan? Kita mulai dari merangkak, berjalan, baru bisa lari. Anggep aja itu kayak achievement di dalam game. Mulai dari basic, intermediate, lanjut ke master. Gamer yang bisa sampe ke level master, rata-rata adalah gamer yang menguasai basic dengan baik. Kenapa? Karena gamer yang menguasai basic dengan baik tau harus berbuat apa, sehingga pengembangan karakternya jadi lebih maksimal. Bahkan gamer jenis ini bisa jadi master tanpa harus beli item shop. Umumnya gamer yang skip tutorial cuma bisa sampe level intermediate alias jago banget enggak, tapi nggak cupu-cupu banget. 

Ngga ada gamer yang langsung master, semua dari basic
Nah, itu tadi beberapa akibat kalo kamu skip tutorial. Jawaban Matrixide, tutorial itu PENTING BANGET! Karena kamu nggak akan bisa dapetin hal besar kalo kamu nggak mulai dari hal kecil. Jangan biasakan skip tutorial ya. Tipe yang skip tutorial ini nih yang biasanya pake hero assassin buat jadi tanker, pake fighter berusaha bisa heal HP besar, hehehe.

Terakhir, mari kita majukan dunia gaming di Indonesia dengan bermain game dengan baik tanpa spam di chat dan selalu tau batas waktu kita dalam bermain game. Okay, sampe ketemu di postingan berikutnya! Ciao!

0 comments:

Post a Comment