Thursday 10 November 2016

Hotarubi No Mori E : Kisah Cinta Dua Dunia

Apa kabar Matrixidians?
Semoga semua baik-baik aja ya.
Hari ini kita coba bahas lagi sebuah anime yang (lagi-lagi) bergenre drama romance, tapi kali ini memiliki konsep yang sedikit berbeda.
Yah, mirip sama Kimi No Na Wa tapi beda konsep "dunia" nya.
Di mana bedanya ya? Mari simak alasannya!



Cerita bermula pada Hotaru Takegawa, seorang gadis yang sedang bersiap menuju rumah pamannya untuk menghabiskan liburan musim panas. Dalam perjalanannya ke desa pamannya, Hotaru mengingat banyak kejadian yang merupakan flashback peristiwa saat ia berlibur ke desa tersebut ketika ia masih kecil.

Cerita beralih ke flashback Hotaru saat masih kelas enam SD yang tersesat di tengah hutan. Hutan tersebut dipenuhi oleh roh yang menjaga hutan tersebut. Hotaru yang menangis karena kesepian dan lelah, dikejutkan dengan kehadiran seorang pria berambut putih dan mengenakan sebuah topeng. Pria tersebut kemudian menegurnya "Oi, chibi!" (Hey, pendek).

Senang melihat ada seorang manusia yang juga berada di hutan tersebut, Hotaru berlari mendekatinya untuk memeluknya, namun pria tersebut menghindar. Gin, nama pria tersebut ternyata bukanlah seorang manusia, melainkan seorang roh yang sejenis dengan roh penunggu hutan tersebut. Gin tidak boleh bersentuhan dengan manusia. Jika Gin bersentuhan dengan manusia, maka Gin akan lenyap karena mantra Yamagami (dewa gunung) juga akan lenyap. Sementara, Hotaru yang penasaran ingin menyentuh Gin benar-benar berusaha menahan diri dan bahkan memaksa Gin untuk tidak menyentuhnya dalam keadaan apapun. Dari pertemuan inilah hubungan pertemanan mereka dimulai.

Grafis anime ini cukup sedap dipandang mata
Setiap tahunnya, Hotaru selalu mengunjungi Gin dan bermain dengannya saat liburan musim panas. Dari tahun ke tahun, Hotaru mulai beranjak dewasa dan Gin tetap berusia sama. Saat akhirnya Hotaru sudah masuk SMA, Gin mengajak Hotaru untuk menikmati festival musim panas yang digelar oleh para roh di hutan. Di festival ini, mereka bersenang-senang (buat penonton dari Indonesia mungkin bakalan kaget denger background music di adegan ini).

Adegan romantis ini bakalan berujung ke adegan romantis selanjutnya
Di festival inilah klimaks film ini terjadi. Lalu bagaimana kelanjutannya? Apakah Hotaru benar-benar tidak akan bersentuhan dengan Gin? Atau justru Gin yang akan lebih dulu menyentuh Hotaru? Yang jelas, ending anime ini sangat menyentuh.

Penilaian.
Anime ini memiliki durasi yang cukup singkat, hanya sekitar 44 menit saja. Namun dengan uniknya cerita yang dibawakan, alur yang jelas dan pembawaan musik yang mendukung, anime ini berhak mendapat skor 4 bintang dari total 5 bintang.

Skor MyAnime List
Skor IMDb
Trailer

0 comments:

Post a Comment