Saturday 3 October 2015

Bomberman Hardball, Nostalgia Masa Kecil

Bomberman Hardball yang dirilis tahun 2004 lalu untuk konsol PS2
Hello, Matrixidians!
Kali ini Matrixide membahas game yang klasik, namun cukup digemari banyak kalangan, yaitu Bomberman!
Serial Bomberman memang sangat populer dan asyik untuk diikuti. Bahkan serial ini dulu pernah dibuat versi animasinya dan pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Yang akan kita bahas kali ini adalah Bomberman Hardball untuk konsol PlayStation 2. Langsung aja yuk kita cek ulasannya!
Bomberman Hardball (Bomberman Battle di Jepang) adalah video game untuk PlayStation 2 yang
diangkat dari permainan sebelumnya dalam serial Bomberman, dan menghadirkan permainan olahraga bersama dengan mode pertempuran tradisional yang dulu pernah kita mainkan pada serial Bomberman sebelumnya.
Bomberman Hardball yang dirilis pada tahun 2004 lalu ini, dibagi menjadi empat pertandingan. Mode pertempuran (permainan Bomberman standar), digabungkan dengan tenis, golf dan bisbol. Pusat utama dari semua permainan tersebut adalah
Living Mode, fitur pembangunan karakter di mana pemain dapat merancang Bomberman untuk digunakan dalam salah satu mode pertempuran tadi.
Mode pertempuran
Battle Mode adalah pusat dari game ini dan game Bomberman lainnya. Mode ini adalah mode pertempuran yang biasa kita mainkan dalam seri Bomberman standar. Dalam mode ini, pemain berada di sebuah labirin berbasis grid, menanam bom untuk mengalahkan pemain lain (sementara menghindar agar tidak terkena bom sendiri). Ada beberapa variasi yang berbeda dari Battle Mode, meskipun semua variasi tersebut merupakan permainan standar Bomberman.
Classic Battle: Sebuah permainan standar, di mana siapa yang betahan di akhirlah yang menang.
Star Battle: Kumpulkan bintang sebanyak mungkin.
Crown Battle: Cari mahkota di level tersebut untuk memenangkan permainan.
Point Battle: Dapatkan poin dengan mengalahkan lawan
Replay: Menonton sesi permainan yang disimpan ke memory card.
Baseball
Baseball memiliki dua mode: pertandingan satu kali (exhibition) dan pennant race dimana pemain berperan dalam pertandingan liga dari tiga puluh pertandingan melawan lima tim yang dikenadlikan oleh CPU. Bidikan otomatis di dalam game ini, menyebabkan sebagian besar gameplay hanya ditentukan berdasarkan tombol yang ditekan tepat waktu (hampir sebagian besar pemeran pembantu dalam mode ini dapat diset ke mode otomatis).
Pertandingan baseball dalam Bomberman Hardball. Sebagian besar aspek permainan dapat diset ke mode otomatis agar memudahkan player dalam fokus ke strategi permainan.

Golf
Golf dapat dimainkan baik dalam mode pameran atau dalam mode turnamen, dengan total delapan belas lubang yang tersedia. Seperti pada game Mario Golf, tembakan dilakukan dengan bar waktu di bagian bawah layar. Garis vertikal bergerak sepanjang garis horizontal; tombol ditekan sekali, agar berhenti di bar tertentu untuk menentukan kekuatan tembakan. Kemudian tekan tombol di bar yang sama saat garis vertikal di bar bergerak ke arah yang berlawanan, akhirnya melewati bar utama (semacam garis di ujung kanan bar). Tombol kedua ditekan dan akan menghentikan bar bergerak untuk menentukan akurasi; semakin dekat bar pertama dengan bar stasioner, semakin akurat (lurus) tembakan bola golfmu.

Tenis
Tenis memiliki mode ganda dan single di tiga jenis lapangan yaitu; tanah liat, keras dan rumput. Player dapat bermain melalui pertandingan exhibition, memilih jumlah set dan game, atau player dapat pula mencoba turnamen di mana player bermain melawan sejumlah lawan.
Tidak hanya pemain tunggal, player juga dapat bermain dengan pemain ganda. Baik melawan dua CPU sekaligus, maupun melawan teman bermain di Port 2 dan CPU.



Living Mode
Dalam Living Mode, pemain bisa merawat Bomberman putih, yang tinggal di rumah sendiri. Dalam rumah terdapat beberapa objek interaktif, termasuk televisi. Untuk sampai ke obyek interaktif, Player harus membuka remote. Pilihan pada remote adalah sebagai berikut:
  • Channel 1: Menonton pertempuran.
  • Channel 2: Menonton pertandingan baseball.
  • Channel 3: Menonton pertandingan tennis.
  • Channel 4: Menonton pertandingan golf.
  • Channel 5: Edit karakter Bomberman kamu.
  • Channel 6: Buka menu option.
  • Channel 7: Membuka kalender.
  • Channel 8: Menampilkan nama karakter Bomberman kamu.
  • Channel 9: Beli sesuatu dari mesin gumball.

TV ini dapat digunakan untuk menonton demo dari pertandingan (pertandingan yang hanya dijalankan oleh komputer saja) dari mode permainan yang beragam. Ada juga mesin gumball, yang memungkinkan pemain untuk menghabiskan 100 koin untuk membeli barang-barang seperti pakaian untuk Bomberman (koin dapat diperoleh dengan memainkan mode permainan utama, dan barang-barang yang dipilih secara acak). Bomberman yang dibuat player dalam mode ini dapat digunakan dalam setiap mode pertempuran apapun.

PenilaianGameplay Bomberman Hardball cukup menarik. Ada lebih dari satu mode yang dapat dimainkan. Dan sebagian besar mode tersebut dapat dimainkan dalam skema multiplayer. Bahkan beberapa game dapat dimainkan oleh 2-4 orang sekaligus. Jelas game ini merupakan game yang cocok dimainkan bersama para sahabat atau keluarga. Musik di dalam game ini cukup unik, dan graphic dalam game juga cukup halus. Desain karakter yang ada di dalam game juga lucu dan imut. Mode Classic Battle juga membawa kita nostalgia ke jaman Nintendo saat mode permainan Bomberman dulu hanya saling bom kayak teroris.


Tapi menurut admin, kelemahan game ini justru ada pada pertandingan baseball. Di mana hampir semua aspek di permainan baseball di game ini dapat diset ke automatic. Memang memudahkan, namun di sisi lain juga merupakan kerugian yang membuat player jadi merasa tidak tertantang. Namun sepertinya pihak developer telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan mode semi-automatic dan manual.

Kelemahan lain dalam game ini ialah kurangnya jumlah karakter. Mungkin akan lebih baik jika ada penambahan jumlah karakter default yang didesain dari pihak developer.Penilaian akhir Matrixide untuk game ini adalah 3,5 bintang dari total 5 bintang.



Sebagai tambahan, Matrixide berikan video gameplaynya supaya Matrixidians bisa tahu bagaimana permainan di dalam game ini. Silahkan klik di sini

0 comments:

Post a Comment