Monday 5 October 2015

RPG Maker VX Ace, Impianmu Menjadi Pembuat Game Menjadi Nyata!


Apa kabar Matrixidians?
Sebelum masuk pada topik utama, pernahkah kalian berpikir untuk membuat game sendiri? Atau adakah di antara kalian yang sangat suka bermain game? Atau mungkin ada satu dari kalian yang sudah pernah mencoba membuat game? Misalnya, membuat game menggunakan Unity? Terlalu rumit? Kita akan membahas cara yang lebih mudah dalam membuat game kali ini.

Sebelumnya, pada saat membuat blog ini, Matrixide telah menjelaskan asal-usul dibentuknya Matrixide, di mana para pendiri Matrixide membuat sebuah produk untuk skripsi bahasa Inggris mereka dengan menggunakan game sebagai bahan untuk belajar bahasa Inggris bagi mahasiswa.

Lalu, beberapa dari teman kami bertanya tentang bagaimana cara membuat game seperti yang kami lakukan. Sebenarnya di luar sana
ada banyak sekali orang yang bisa membuat game lebih baik lagi, bahkan sudah sanggup menggunakan grafis 3D dan fitur yang luar biasa. Namun kali ini, karena kemampuan Matrixide yang terbatas, maka Matrixide berusaha berbagi di tengah keterbatasan itu. Yap, game yang kami buat adalah game bergrafis 2D.

RPG Maker VX Ace
RPG Maker VX Ace adalah sebuah software pembuat game RPG yang dikembangkan oleh Enterbrain. Software ini menyederhanakan bahasa-bahasa pemrograman menjadi lebih simple dan memudahkan penggunanya sehingga seorang amatir yang ingin membuat game tidak perlu terlalu banyak menguasai bahasa pemrograman (walaupun tentu saja menguasai bahasa pemrograman akan lebih menunjang dalam prosesnya nanti).

Tampilan menu di dalam game. Tidak perlu menguasai script, karena tampilan ini sudah disediakan dari software RPG Maker VX Ace


RPG Maker VX Ace adalah versi lanjutan dari RPG Maker VX di mana pada RPG Maker VX Ace terdapat banyak fitur baru yang ditambahkan seperti quick eventing, char generator, dsb. Kemudahan yang ditawarkan oleh RPG Maker VX Ace membuat para developer game dapat lebih terfokus pada alur cerita di dalam game yang mana merupakan salah satu elemen terpenting dalam game RPG.

Di dalam RPG Maker VX Ace,kita sudah disuguhkan dengan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat game. Mulai dari cover game, database yang berisikan musik, grafis, animasi, daftar senjata, armor, juga aksesoris, skills atau jurus untuk karakter di dalam game, dan tentu saja daftar karakter berikut dengan ilustrasi mereka. Dan dengan menggunakan software ini, jika kalian sudah menguasai bahasa pemrograman Ruby,

Contoh proses test play. Yaitu proses untuk mengetes apakah game sudah cocok untuk diproduksi atau masih ada bug yang perlu diperbaiki. Fitur ini juga sudah disediakan oleh Enterbrain


Yang kalian baca saat ini bukanlah cara membuat game ataupun cara mendownload softwarenya, melainkan hanya sebuah resensi dari Matrixide. Kami menyarankan agar kalian membeli software tersebut di sini. Tentu saja kami juga akan memberi jalan bagi kalian yang ingin belajar membuat game. Di blog ini ada daftar tutorial cara membuat game menggunakan RPG Maker VX Ace.

Penilaian
RPG Maker VX Ace secara keseluruhan merupakan sebuah software yang sangat memudahkan kita dalam membuat sebuah game. Para pengembang game sangat dimanjakan dengan disediakannya berbagai bahan yang dibutuhkan di dalam membuat game. Selain itu, para game developer hanya perlu menguasai bahasa pemrograman Ruby dan logika dasar saja untuk membuat game dengan software ini. Namun di balik semua itu, software ini punya beberapa kelemahan misalnya sumber daya/bahan yang disediakan sangat terbatas, battle system yang tersedia hanya berupa frontview battle system sebagai default, selain itu dalam hal grafis, software ini hanya mendukung 2D saja, tidak seperti Unity yang sudah dapat memproduksi game bergrafis 3D. 

Proses eventing pada map


Saat melakukan mapping juga hanya tersedia dua layer yang membatasi keleluasaan dalam mendesain map yang realistis dan indah. Terakhir, jenis file export yang didukung oleh RPG Maker VX Ace hanyalah berupa .exe yang artinya game yang kalian produksi menggunakan software ini hanya dapat dimainkan di Windows system saja. Jadi, jangan berharap dapat membuat game untuk Android dengan software ini. 

RPG Maker VX Ace hanya mendukung frontview battle system sebagai default battle sytem. Namun ada banyak script yang membuat pengembangan battle system menjadi sideview


Untuk semua penilaian itu, Matrixide menilai bahwa software ini berhak diberi 4,5 bintang dari total 5 bintang. Sebab dibandingkan dengan engine pembuat game lain, RPG Maker VX Ace adalah engine yang paling sederhana dan menyediakan bahan yang 'cukup', tidak seperti engine lain yang lebih minim dalam menyediakan bahan untuk pembuatan game. Dalam proses pembuatannya pun lebih sederhana dibanding engine lain. Selain itu, untuk mengatasi keterbatasan itu, Enterbrain telah mengantisipasi itu semua dengan menyediakan ruang bagi developer untuk memodifikasi script default, menambahkan grafis, musik, dan lain-lain yang dapat dibuat sendiri oleh game developer Tentu saja menurut sudut pandang Matrixide, ini merupakan hal yang menutup kekurangan tersebut.

Sebagai bonus, kami berikan videonya kepada kalian, siapa tahu ada Matrixidians yang tertarik membuat game sederhana. Silahkan klik di sini.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment