Sunday 4 October 2015

Shaman King, Jutaan Impian dan Idealisme Kehidupan




 ”Aku adalah Shaman, penghubung dunia ini dengan dunia sana”. Line dialog ini mungkin cukup asing di telinga kalian dibandingkan “Aku akan menjadi raja bajak laut” atau “Aku akan menjadi Hokage”. Kalimat di awal tadi merupakan cuplikan dari anime Shaman King. Hah? Anime apa sih itu? Buat Matrixidians yang mungkin belum pernah dengar judul anime itu, mari kita simak ulasannya di sini.


Shaman King adalah sebuah cerita yang dikarang oleh Takei Hiroyuki. Anime ini sendiri pernah diputar di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Bercerita tentang
seorang anak bernama Yoh Asakura yang memiliki kekuatan spiritual yang tinggi dan bercita-cita menjadi seorang raja shaman. Shaman sendiri adalah seorang yang dapat menghubungkan dunia manusia dengan dunia roh. Dalam anime ini diceritakan shaman sendiri banyak jenisnya. Mulai dari itako, kyonshi, dsb.

Yoh (kiri) dan Hao (kanan). Menyimpan masa lalu misterius yang saling berkaitan.

Cerita pada anime ini bermula saat seorang pelajar di Jepang, Manta Oyamada (jangan lihat ukuran tubuh karakter ini ya), memotong jalan melalui makam saat pulang dari kelas malam. Namun apa yang dilihat Manta saat di makam, sangat sulit dipercaya. Ya, Manta melihat Yoh sedang asyik bercanda dan berpesta dengan para roh penunggu makam tersebut. Keesokan harinya, Manta menceritakan hal tersebut kepada teman-teman sekelasnya. Namun tentu saja, tidak ada yang mempercayainya. Hal yang lebih mengejutkan adalah Yoh yang baru saja ia ceritakan pada teman-temannya, ternyata masuk ke kelas Manta sebagai siswa pindahan baru. Namun saat Manta akan membuktikan kebenaran ceritanya di depan teman-temannya, ternyata Yoh pura-pura tidak mengenalinya. Manta yang merasa tertantang untuk tetap membuktikan kebenaran ceritanya, kemudian memutuskan untuk mengikuti Yoh seharian dan bersiap memergoki Yoh saat melakukan kontak dengan roh. Namun setelah menunggu berjam-jam, yang ia dapati hanya Yoh yang melamun seharian penuh. Usaha Manta kemudian berlanjut saat malam di makam yang sama seperti sebelumnya. Namun sialnya, Manta justru ditangkap dan dihajar oleh preman penguasa makam tersebut yang tidak terima karena ada orang yang berani memasuki wilayah mereka yang biasa mereka sebut dengan istilah ‘best place’ tersebut.

Manta Oyamada setelah babak belur dihajar Ryu si Pedang Kayu (Bokuto no Ryu)

Bagaimana perjuangan Yoh untuk menjadi Shaman King? Apa yang akan terjadi selanjutnya? Anime ini terdiri dari 64 episode yang menceritakan persahabatan, perjuangan dan impian setiap shaman di dalamnya. Terdapat ambisi dan masa lalu yang keras di balik keceriaan para karakternya. Genre action, drama, dan comedy bercampur dalam anime ini.

Penilaian

Anime ini memiliki unsur komedi yang cukup menarik. Terutama semenjak munculnya karakter Horo-Horo dan disusul oleh Chocolove. Musiknya pun cukup mengagumkan. Tidak banyak permainan emosi di dalam anime ini, namun konflik di dalamnya cukup rumit. Kejelasan latar belakang karakternya juga tidak membuat para penonton kesal berspekulasi tentang kenapa bisa terjadi seperti ini, kenapa bisa terjadi seperti itu. Secara umum, anime ini worth to be watched. Kekurangan anime ini adalah dengan alur cerita yang menarik tersebut, sayang sekali ending anime ini cukup menyebalkan. Silahkan nonton sendiri ya Matrixidians. Untuk penilaian akhir, Matrixide memberikan 4 bintang dari total 5 bintang untuk anime ini. Sekian review kali ini.Thanks for reading!


Horo-Horo & Chocolove, walaupun Ren yang jadi leader team mereka cukup tangguh, tapi gara-gara duo absurd ini, team mereka jadi seperti grup lawak



Trivia

  • Bagi penggemar serial One Piece, mungkin tidak asing mendengar nama Takei Hiroyuki yah? Yap, Takei Hiroyuki, sang pengarang, diklaim oleh Eiichiro Oda sebagai komikus yang sangat ia hormati. Eiichiro Oda, pengarang One Piece, mengakui bahwa ia sangat menghormati karya Takei Hiroyuki dan secara langsung menyebutkan namanya dan Shaman King di pojok SBS pada manga One Piece.Bahkan Oda menjelaskan bahwa dirinya dan Hiroyuki Takei pernah menjadi asisten untuk komikus Nobuhiro Watsuki (pengarang Rurouni Kenshin).
  • Karakter Anna Kyoyama, salah satu tokoh dalam serial Shaman King yang merupakan calon istri Yoh, menjadi maskot kepolisian di Prefektur Aomori.
Anna Kyoyama
Anna sebagai maskot kepolisian di Aomori


0 comments:

Post a Comment