Thursday 1 October 2015

Dragons World, Bangun Kerajaan Nagamu Sendiri!

Dragons World


Hello, Matrixidians!
Pernahkah kalian membayangkan sebuah dunia di mana kalian bisa memelihara naga dan bertarung dengan orang lain? Pernahkah kalian membayangkan memiliki naga yang kuat dan sanggup bertarung dengan dahsyat?


Well, sekarang itu bukan sekedar bayangan lagi. Karena salah satu developer game, Social Quantum, telah membuat game yang bernama Dragons World. Seperti apa sih gamenya? Mari kita simak ulasannya.




Dragons World adalah sebuah game yang dikembangkan oleh Social Quantum.

Game ini merupakan game yang bergenre RPG dan tersedia di Play Store untuk Android.
Dragons World juga mendukung sistem iOS dan connecting game ke Google Play dan Facebook sehingga player dapat terhubung melalui game baik saat memainkannya di smartphone dan Facebook.


Dragons World merupakan game yang juga dapat dikategorikan sebagai game farming & breeding simulation. Sebab game ini menuntut player untuk memelihara dan mengembangbiakkan naga serta bercocok tanam untuk memberi makan naga agar dapat meningkatkan kekuatan dan level naga.





Ada dua jenis level (tiga jenis jika player mengkoneksikan game ini ke akun Google Play). Jenis level yang pertama adalah level player, di mana level ini ditentukan berdasarkan pengalaman atau experience player dalam mengelola sanctuary (satu sanctuary pada awalnya memiliki satu pulau yang nantinya dapat bertambah seiring dengan level player). Level jenis kedua adalah level naga yang dapat ditingkatkan melalui feeding dan evolution naga tersebut. Level jenis inilah yang menentukan kekuatan naga dalam pertarungan. Selain level naga, jumlah elemen naga dan ranking naga juga menentukan kekuatan naga tersebut. Sedangkan level Google Play, seperti game lainnya, didapat dari intensitas log in player dengan koneksi ke Google Play account.



Game ini memiliki banyak fitur, seperti turnamen antar player, liga antar player (mirip dengan turnamen, hanya saja dapat dilakukan kapanpun saat player memiliki energy untuk battle). Trading crystals yang sangat berguna dalam meningkatkan kemampuan player dan progress di dalam game.



Istilah-istilah di dalam Dragons World

1. Sanctuary
Adalah pulau terapung yang merupakan home screen dan layar utama di mana player melakukan aktivitas utamanya.
Sanctuary, pulau yang terapung di angkasa



2. Habitats

Tempat tinggal naga yang disesuaikan dengan elemen naga.


3. Breeding

Adalah sebuah proses mengembangbiakkan naga dan merawatnya hingga dewasa.
Breeding antara Tropical Dragon dan Magic Dragon



4. Harvesting & feeding

Sebuah kegiatan di mana player melakukan cocok tanam dan memanen hasilnya untuk memberi makan naga dan meningkatkan level naga (harvesting juga meningkatkan experience player).


5. Obstacles

Obyek-obyek khusus yang menghalangi obyek lain di sebuah pulau dalam sanctuary. Biasanya berupa batu, pohon, awan elemental, dan lain-lain.


6. Gold

Mata uang utama yang digunakan dalam Dragons World, dapat diperoleh dengan memelihara naga.


7. Crystal

Mata uang kedua yang sifatnya lebih langka dan dapat diperoleh melalui pembelian online langsung kepada Social Quantum sebagai pengembang, atau juga dapat diperoleh melalui trading gifts dan turnamen, serta menyelesaikan liga.


8. Elemen

Spesialisasi dari naga. Dalam Dragons World ada 10 elemen yaitu; Fire, Earth, Nature, Water, Air, Magic, Light, Twilight, Time dan Space. Beberapa naga dapat memiliki maksimal 4 elemen. Naga dengan lebih dari satu elemen dapat tinggal di habitat yang sama dengan elemennya (contoh: Brush Dragon yang berelemen nature dan magic dapat diletakkan di habitat nature dan magic). Semakin banyak elemen yang dimiliki seekor naga, semakin langka dan semakin kuat naga tersebut.


9. Perk

Perk adalah atribut yang diperoleh oleh naga setiap kelipatan 3 level (level dasar 3, 6 dan 9). Ada beberapa perk yang berguna dalam perkembangan naga, yaitu:
  • 5% chance of rare dragon
  • 5% speed of clearing obstacles
  • 5% speed of breeding time
  • 5% satisfaction
  • +1 level up
  • 5% gold
  • +1 essence
  • negative amplifiers
  • 5% of evolution time
10. Evolution
Pada dasarnya, setiap naga hanya dapat mencapai level 10 saja. Namun apabila dievolusi menggunakan fitur evolution, naga dapat mencapai level 15 dan bahkan level 20. Evolution membutuhkan essence (akan dijelaskan di poin berikutnya).


11. Essence

Adalah sebuah item yang merupakan intisari dari elemen naga. Essence dapat diperoleh dari mengekstrak naga menggunakan Magic Lab. Essence juga dapat diperoleh dari turnamen. Fungsi essence selain untuk evolusi adalah untuk membuat armor naga dan training skill yang menggunakan elemen tertentu.


12. Liga

Sebuah arena pertarungan antar player yang berada di level yang relatif sama. Setiap liga menyediakan 7 lawan. Setiap menyelesaikan satu liga, player akan dihadiahkan dengan 3 buah crystal dan 1 buah mythril ore (material) yang berguna untuk membuat armor.


Tampilan battle antar player



13. Tournament

Sebuah fitur yang merupakan arena khusus untuk pertarungan antar player. Besarnya level player tidak menentukan daftar lawan yang tersedia. Turnamen diadakan selama 5 hari dalam seminggu. Hadiah yang ditawarkan dapat berdasarkan jumlah battle point yang diperoleh dengan mengalahkan lawan, ranking player dalam turnamen, juga dalam streak (kondisi di mana player berhasil mengalahkan lawan dalam 3 kali battle berturut-turut tanpa kalah).


Penilaian

Matrixide menilai game ini sebagai game yang cukup menarik. Banyaknya fitur yang ditawarkan, seringnya event yang dibuat oleh admin, update yang secara berkala dilakukan, serta graphic 3D yang diolah sangat baik untuk smartphone dan music yang mendukung, sehingga memberikan atmosfer permainan yang seru. Game ini juga merupakan game free-to-play yang menyediakan fasilitas pembelian sumberdaya dalam aplikasi. Hal ini mendukung player untuk menjadi lebih kuat dengan cepat tanpa menghilangkan rasa tantangan di dalam game. Saat bermain di smartphone, kuota internet yang dibutuhkan juga tidak besar seperti game lain pada umumnya. Juga banyaknya player dari berbagai negara menjadikan game ini lebih menantang player untuk membuktikan kekuatan masing-masing.


Kekurangan dari game ini adalah sebagian besar resource yang berguna justru tersedia untuk dijual yang membuat game ini menjadi seolah sangat komersil. Game ini juga memiliki real-time system yang membuat proses breeding, harvesting dsb menjadi terasa lama (bisa saja player menunggu dua hari untuk breeding). Kecilnya jumlah jatah energy juga menjadi salah satu kekurangannya. Star battle system, yaitu kondisi di mana naga dengan jumlah elemen sama namun dengan peringkat kelangkaan yang berbeda bisa saja mengalami kerugian dalam pertarungan. Ini hanya menguntungkan bagi premium player (player yang sering membeli naga langka dari Social Quantum).



Secara keseluruhan, Matrixide memberikan rating sebesar 4 bintang dari total 5 bintang untuk Dragons World. Game ini layak untuk dimainkan dan cukup menyenangkan dan menantang.

0 comments:

Post a Comment